Tiba-tiba udah bulan Maret aja, yah kan?
So, karena besok kita udah mau pulang, jadinya kita belanja oleh2 pagi2. Sebenernya cuma gue dan anak2 sih. Kita jalan kaki ke daerah per-bakpia-an yang ternyata ga jauh dari tempat kita nginep, cuma memang ga pernah jalan kaki aja sih. Terus habis belanja bakpia, kita terusin jalannya ke Malioboro. Ngeliat Malioboro pagi2 dengan kondisi yang sangat sepi kok menyenangkan sekali ya. Lanjut kita ke pasar, karena gue masih penasaran pengen beli ampyang yang entah kenapa jadi susah banget dicarinya di Jogja ini, dan tahun lalu terakhir kali gue nemunya di Pasar Beringharjo. Dan tapi ternyata masih pada tutup, akhirnya yah order gocar balik ke hotel, setelah sebelumnya sempet bungkus sate kere.. hahaha... tetep yah jajan.
Balik ke hotel, kita langsung breakfast, Eh ternyata si sate itu enak juga. Jadi mirip sate jando tapi dia bukan bagian jando tapi bagian koyor yah kalau orang Jawa bilang dan dimasaknya manis kaya sate maranggi. Pantes aja orang kalau di Malioboro pada nongkrongin tukang sate, Cuma gue ga pernah tertarik beli karena takut debu. Kalau yang tadi kan gue kaya beli di warung gitu, meskipun tetep di pinggir jalan sih.
Habis brekfast kita istirahat sebentar dan lanjut menuju mal terbesar di Jogja. Karena pengalaman sebelumnya Borobudur tuh hujan. Kita rencananya mau belanja payung dulu di Pakuwon Mal yang kebetulan memang lokasinya di Sleman searah dengan Borobudur. Dan gue amaze banget lihat mal yang besar dan mewah banget ini. Seru banget, jadi sementara kita belanja batik di Pasar, orang Jogjanya sih jalan2 di mal ini... hahaha... Anak2 juga kaya betah gitu, si sulung langsung menghilang cari toko buku. Mereka seperti menemukan habitatnya. Hahahaha....
![]() |
| Ada mal sekeren ini di Jogja! |
Habis belanja payung, kita shalat dulu. Kerennya mal ini adalah dia juga punya mesjid di dalamnya. Jadi instead of mushola, ini beneran mesjid namanya Al Husna. Jadi berasa seneng aja bisa shalat dengan proper. Karena masih kenyang akhirnya kita cuma beli minuman gitu dan lanjut menuju Borobudur.
![]() |
| good to be back |
![]() |
| mari kita berjalan menuju puncak |
![]() |
| dan hujan.... |
![]() |
| akhirnya sampai di Puncak |
Seru, kali ini belum hujan. Tapi akhirnya ternyata begitu mau naik ke Candi, hujannya lebih serius dari tahun lalu. Dan deras banget. Untungnya kita udah siap mental dan yah pasrah aja dengan segala kebasahan ini. Alhamdulillah kita semua kondisinya juga lagi sehat jadi ga kenapa2 setelah hujan2an. Dan akhirnya kesampaian juga sekeluarga di Borobudur. Sebenernya yang belum pernah ke Borobudur sama sekali anak gue yang kecil, dan ini udah keempat kali gue ke Borobudur. Cuma kenapa selalu menyenangkan ya? Bebatuan vibes ini mungkin memang cocok buat gue.. hahaha...
Capek dan macet pas menuju jalan pulang. Kedinginan juga, cuma yah kita bertahan aja. Dan si bungsu punya wishlist pengen ke distro di Jogja. Karena memang searah akhirnya kita mampirin. Dan fortunately tempatnya ternyata coffee shop yang masuk ke wishlist gue juga, jadi gue juga happy dong. Jogja tuh bener2 slow living. Bener2 tempat buat day dreaming dan mencari inspirasi. Mungkin bukan buat kerja, tapi cocok buat belajar. Jadi gue tetap Love Jakarta.
Coffee shop ini ada tempat jual PHnya juga, dan harganya yang bikin kaget karena masih ada kentang goreng dengan harga 15rb! Kopinya juga enak, interiornya artsy, dan nyaman aja. Gue pesen latte, karena mereka ga jual piccolo. Tapi ga apa2. Seenggaknya liburan ini gue mampir ke satu kedai kopi di Jogja. Next kita lanjut pulang ke hotel, gue udah order makanan di perjalanan biar begitu sampai, makanannya juga sudah sampai.
![]() |
| accidentally mendarat di coffee shop wishlist |
![]() |
| mencari harta karun |
![]() |
| kentang enak dengan harga yang tidak masuk akal |
![]() |
| kopinya juga enak |
![]() |
| sederhana tapi menyenangkan |
Hari yang melelahkan sekaligus menyenangkan di Jogja. Alhamdulillah. Tapi besok mau pulang, so sad.....
Cheers, Dhidie














